Waspadai Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

  • Bagikan
Husna (Mahasiswi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare)

Oleh: Husna (Mahasiswi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare)

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Perkembangan Teknologi Informasi (TI) adalah suatu hasil yang jelas dari perkembangan pengetahuan manusia yang dapat memberikan perubahan pada pola-pola kehidupan manusia saat ini.

TI mampu memberikan beberapa kemudahan diantaranya ialah, dunia pekerjaan, komunikasi, tugas sekolah, jual-beli barang dan lain sebagainya. Oleh karena itu menuntut manusia untuk menggunakan teknologi informasi.

Handphone merupakan suatu elektronik kecil yang mempunyai fungsi khusus dimana bisa digunakan untuk berinteraksi, dan sebagainya. Handphone merupakan sebuah inovasi terbaru dari teknologi fitur terbaru dan kemampuan yang lebih baik memiliki tujuan maupun fungsi lebih praktis dan lebih berguna.

Perkembangan jenis handphone semakin hari semakin banyak modelnya dan mereknya. Model dari handphone berdasarkan kualitas dan bentuk yang membuat masyarakat tertarik untuk membelinya.

Tetapi, semua itu mempunyai fungsi yang sama hanya fasilitasnya yang berbeda. Untuk perkembangan anak usia dini menuntut banyak stimulasi hingga perkembangan itu dapat mencapai titik optimal.

Manusia dalam perkembangan nya mulai bayi dengan mempelajari dan memahami apa yang ada dilihat di sekitarnya. Bayi mempelajari sesuai dengan pengalaman yang dialami menjadi awal dari sebuah bagian proses belajar mengenal tentang kehidupan.

Kombinasi yang sempurna antara factor genetis dan lingkungan untuk dapat memberikan pengalaman belajar terbaik merupakan semua aspek dan komponen yang mempengaruhi kehidupan manusia sejak lahir.

Teknologi Komunikasi telah memberikan kemajuan dengan banyak pandangan orang terhadap hal-hal dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pandangan dalam menjadi orang tua. Dahulu,orang tua kita membiarkan anaknya untuk bermain di luar rumah dengan permainan tradisional bersama teman lainnya.

Akan tetapi, orang tua pada zaman sekarang cenderung memberikan kebebasan kepada anak untuk mengalihkan permainan tradisional dengan mengandalkan teknologi sebagai media online untuk anak yang digunakan kapan saja dan dimana saja.

Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain.

Penggunaan handphone menimbulkan dampak negatif pada anak usia dini antara lain:

1. Konten yang kurang baik, mempengaruhi kesehatan fisik (masalah penglihatan, kekakuan, cedera tulang belakang karena posisi duduk), mengalami ketergantungan bahkan menghambat perkembangan sosial anak.

2. Anak menjadi pribadi tertutup.

3. Gangguan tidur.

4. Suka menyendiri

5. Perilaku kekerasan.

6. Pudarnya kreativitas.

7. Ancaman cyberbullying.

Pentingnya sosial anak usia dini untuk mengembangkan karakter dalam diri anak ketika berada di lingkungan dan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.

Perkembangan zaman yang seperti inilah menjadi salah satu permasalahan seperti salah satunya jika anak diberikan sebuah handphone maka akan sangat berdampak dengan perkembangan sosial anak usia dini. (*)

  • Bagikan