Sekda Barru Buka FGD Smart Fisheries Village

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kab Barru Dr.Ir.Abustan AB. M. Si membuka secara resmi Focus Gruop Descussion (FGD) Smart Fisheries Village (SFV) di ruang Data Kantor Bupati Barru, Selasa 31/10/2023.

Sekda Barru dalam sambutannya mengatakan sejak tahun 2002 kita sudah terbiasa dengan kegiatan Nasional. Salah satunya adalah Agropolitan. Implementasi pengembangan agropolitan, di mana konsep ini dari Kementerian Pertanian ke 8 Kabupaten Kota salah satunya Barru.

Dari konsep Agropolitas itu,salah satu persoalan yang kita hadapi dan saya menemukannya di Smart Fisheries Village ini yang kita kembangkan sekarang.

"Ini konsep memiliki wawasan dengan peningkatan SDM. Tujuannya adalah untuk mengatasi kesenjangan kawasan perkotaan, begitu pula konsep agropolitan adalah berjalannya fungsi-fungsi perekonomian didesa sehingga tidak terjadi migrasi dari desa ke kota karena konsepnya itu mengkotakan desa guna mengurangi kemiskinan", jelasnya.

Terkait Smart Fhireises Village, dibutuhkan kolaborasi lintas sektoral
Apalagi SFV yang dialokasikan di Desa Ajakkang ini konsepnya adalah perikanan yang memiliki komoditas unggulan, jadi menjadi desa perikanan terintegrasi. Jadi semua stakeholder terkait harus terlibat sesuai tugas fokok dan fungsinya.

"Kenapa OPD saya undang hari ini karena ternyata SFV ini itu tidak hanya fokus pada pengembangan budidaya dan teknologi perikanan. Tapi juga ada pengembangan wisata, UMKM dan digitalisasi informasi, termasuk keberadaan media harus dilibatkan",ungkapnya.

Dalam FGD SFV yang mengusung tema, Penguatan Sinergitas dan kolaboratif peran stakeholder terkait dalam mendukung kegiatan program Smart Fisheries Village Desa Ajakkang Kab Barru, Sekda Abustan mencoba menggambarkan desain yang pertama itu adalah bagaimana kondisi awal yang ada didalamnya itu kesenjangan kekutan sumber daya pengetahuan.

"Untuk kabupaten Barru ini harus dipahami teman teman yang ada di OPD bahwa pelaksanaan SFV ini sudah bejalan hampir satu tahun
Namun yang bergerak baru sektor perikanan. OPD lain turun secara sporadis. Mestinya menjadi satu teamwork sehingga secara terprogram turun sesuai tupoksinya", harap dia.

Dalam kegiatan tersebut hadir secara virtual Kepala Balai Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan ibu Ibu Dr.Lily Aprilya Pregiwati,S.Pi,M.Si dan Kepala BBRSKEP Ibu Anastasia Rita Tisiana,Ph.D, turut hadir langsung Kepala Balai Riset Budidaya Perikanan Air Payau dan Perikanan Maros,Pimpinan OPD, Kabag Ekonomi,Sekcam Soppeng Riaja,Sekdes Ajakkang,Kepala Cab Bank BSI Barru,Kepala cabang PT Esa Putly Barru,Mewakili Kepala PT.Indonesia Power,Direktur Bumdes Desa Ajakkang,Perwakilan e fishery Desa Ajakkang,Mewakili karang Taruna Soppeng Riaja,Koordinator dan para penyuluh perikanan Kab.Barru. (Humas IKP)

  • Bagikan