Pj.Gubernur Sulsel, Mendorong Petani Pinrang Menanam Pohon Sukun

  • Bagikan

PINRANG,PAREPOS.FAJAR.CO.ID--Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin,mendorong para petani di Pinrang membudidayakan pohon sukun. Kelurahan Manarang Kecamatan Mattiro Bulu menjadi lokasi percontohan penanaman pohon sukun tersebut.

Saat melakukan kunjungan kerja di Pinrang dalam rangka menghadiri HUT Pinrang ke 64 tahun, Bahtiar Baharuddin mengajak petani untuk belajar menanam pohon sukun. Ia berjanji akan memberikan pelatihan kepada petani agar tanaman ini bisa bernilai ekonomi buat masyarakat

“Nanti masyarakat akan dilatih di Bengo, Kabupaten Bone. Ini sayang, masyarakat punya pohon sukun tapi tidak tahu bagaimana kasi jadi bibit dari pohon sukun yang besar. Nanti langsung diajarkan, nanti belajar langsung dengan saya,” jelas Bahtiar di hadapan masyarakat Kelurahan Manarang.

Ia menyatakan sukun dapat menjadi pangan alternatif yang perlu dikembangkan. Untuk mengganti kebiasaan masyarakat memakan beras.

Ia menghimbau, masyarakat tak perlu ragu untuk mengembangkan pertanian. Kata dia,pertanian sebagai penopang perekonomian yang eksistensinya tidak akan habis.

“Sukun ini merupakan pangan alternatif dan tanaman yang sudah dikenal di masyarakat. Perlu dikembangkan agar masyarakat memiliki pilihan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah dan masyarakat juga mesti kompak untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, lebih jauh proyeksi untuk gerakan ekonomi biru.

Sementara Kepala Instalasi Pengamatan, Peramalan dan Pengendalian OPT atau IP3OPT Maros, Yumarto, menilai, sukun dapat menjadi pengganti yang efektif jika dikonsumsi secara rutin.

“Sukun bisa menjadi alternatif, kita tidak perlu selalu bergantung pada beras. Kalau kita biasakan mengonsumsi sukun, maka ini bisa menjadi pilihan alternatif yang luar biasa,” ungkapnya.(*)

  • Bagikan