SD Muhammadiyah 1 Parepare Laksanakan Mabit

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Perbaiki akhlak, tingkatkan keimanan itulah tema pada kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) SD Muhammadiyah 1 Parepare.

Kegiatan ini adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya salat tahajjud, zikir, tadabur dan tafakur).

MABIT di SD Muhammadiyah 1 dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 8-9 Maret 2024, dibuka Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah, Dr Muhammad Saleh.

Dalam pengarahannya, Muhammad Saleh mengatakan, kegiatan itu penting untuk membina akhlak siswa dan merupakan program yang harus dilaksanakan di sekolah, khususnya di kalangan Muhammadiyah.

Ia pun memberikan materi dan yel-yel membuat siswa yang hadir semangat mendengarkan apa yang disampaikan.

Begitu pula Kepala SD Muhammadiyah, Dra Bangsuari yang baru satu bulan ditempatkan di SD Muhammadiyah 1. Ia mengaku bersyukur karena dengan adanya ini memberikan pengetahuan keagamaan kepada siswa sebagai bentuk pendidikan karakter keislaman.

Selain itu, juga membangun kecerdasan bangsa melalui bidang keagamaan dan salah satu program sekolah yang dilaksanakan satu kali satu tahun menjelang bulan puasa (Ramdan).

Adapun agenda yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut adalah, ini salat berjamaah, kajian adab kepada kedua orang tua, guru, dan adab bertamu*, murojaah, salat Dhuha berjemaah, salat sunah tahajjud berjemaah, salat wajib lima waktu, doa sehari-hari disertai hadis.

Pada malam siswa menerima materi di masjid dan di ruang kelas, yang mana pembawa materi adalah Ustaz Rahman, dan guru-guru SD Muhamamdiyah . Di mana 70 persen guru dari lulusan pendidikan agama alumni IAN, Umpar dan UIN.

Menurut Bangsuari, beberapa manfaat MABIT yakni, meningkatkan iman dan takwa pada anak-anak, lebih mendekatkan diri mereka kepada Allah, menumbuhkan muhasabah, kesempatan melakukan riyadhah, berupaya menjadi hamba yang takwa, menjadi terbiasa menjalankan salat sunah yang biasa dilakukan Rasulullah. (*)

  • Bagikan