Kasus Laka Lantas di Maros Meningkat Akibat Jalan Rusak

  • Bagikan

Progres perbaikan jalan rusak di Jalan Trans Sulawesi, di Kelurahan Taroada, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. (Ist)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) yang tercatat di Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Maros mengalami kenaikan. Terhitung, sebanyak 207 kasus Laka hingga bulan Oktober 2022.

Kepala Unit (Kanit) Laka Polres Maros, Iptu Syamsir menyebutkan, dari sejumlah kasus kecelakaan itu, terdapat 48 korban meninggal dunia.

"Jumlah kecelakaan hingga awal Oktober ini mencapai 207 kasus. Korban 3 orang luka berat, 258 orang luka ringan, dan 48 di antaranya meninggal dunia," terangnya saat dikonfirmasi, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Perwira dua balok ini menyebutkan, penyebab kecelakaan paling dominan akibat human error atau kelalaian manusia.

"Human error dari pengendara yang kurang hati-hati saat berkendara dan beberapa pengendaranya masih di bawah umur," ucapnya.

Syamsir menyebutkan, ada peningkatan jumlah kasus kecelakaan jika dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

"Jika dibandingkan tahun 2021 dengan 2022 di periode yang sama, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Maros mengalami peningkatan 39 kasus," ujarnya.

Pada tahun 2021, jumlah kecelakaan hingga bulan Mei, hanya 168 kasus. "Meninggal dunia 37 orang, luka berat 12 orang, luka ringan 213 orang," tutur syamsir.

Ia menyebutkan, meningkatnya jumlah kasus kecelakaan tersebut, dipengaruhi jalan yang rusak.

"Salah satu faktor yang mengakibatkan peningkatan kasus, karena banyaknya jalan rusak dan berlubang dan tidak dilengkapi lampu penerangan," lanjutnya.

Guna meminimalisir jumlah kasus kecelakaan lalu lintas, dia mengimbau agar masyarakat senantiasa berhati-hati dalam berkendara.

"Jadi kami mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan saat berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada," imbau Iptu Syamsir.

Salah satu kecelakaan lalu lintas akibat jalan rusak terjadi di jalan poros Maros-Pangkep, Senin malam, 19 September 2022.

Kecelakaan ini terjadi tepatnya di Lingkungan Taniaga, Kelurahan Taroada, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Kecelakaan itu melibatkan sebuah truk dan sepeda motor.

Pengemudi motor menginjak sebuah lubang pengerukan pengerjaan jalan dan lepas kendali.

Akibatnya, sang pengendara motor, Anwar Sanusi (67) asal kota Makassar kehilangan nyawa akibat tergilas roda belakang truk dalam insiden ini. (guh)

  • Bagikan