Jelang RUPS, Kadin Desak Akomodir Putra Pangkep di Jajaran Direksi dan Komisaris PT Semen Tonasa

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), H Arfan Tualle meminta enam poin prioritas ke pihak PT Semen Tonasa. Keenam poin itu tertuang dalam surat rekomendasi bernomor: 0167 / Kadin- pkp /12 -2022 itu diteken dan dibubuhi cap tertanggal Sabtu, 24 Desember 2022, yang ditujukan kepada Direktur Utama Semen Indonesia (Tbk).

Dari enam poin yang disampaikan salah satu yang menjadi perhatian adalah terkait selama 3 periode Direksi dan Komisaris sudah tidak pernah ada lagi putra daerah Pangkep yang menduduki jabatan tersebut. Untuk itu, pengusaha lokal yang tergabung dalam Kadin sebagai organisasi yang diakui pemerintah mengharapkan dan mendesak PT Semen Indonesia sebagai induk PT Semen Tonasa untuk mendudukan putra daerah asli untuk mengisi jabatan Direksi dan Komisaris PT Semen Tonasa yang notabene berada di Kabupaten Pangkep.

Surat Kadin Pangkep

Saat dihubungi, H Arfan Tualle membenarkan adanya persuratan tersebut, mengingat akan digelarnya rencana rapat umum pemegang saham (RUPS) dengan salah satu perombakan jajaran Direksi dan Komisaris PT Semen Tonasa. RUPS itu sendiri dijadwalkan pekan kedua Januari 2023 mendatang. "Sebelum bersurat kita juga telah menerima dukungan dari Bupati dan DPRD Pangkep, untuk upaya yang dilakukan Kadin,"ujarnya, Selasa 27 Desember 2022.

Dalam surat itu pun, Kadin Pangkep mengungkap data dan fakta indikasi ketidakberpihakan PT Semen Tonasa ke penggunaan sumber daya manusia (SDM) lokal di lokasi tambang industri di Pangkep. Fakta lainnya adalah rasio minimnya penggunaan perusahaan lokal dan pemanfaatan angkatan kerja profesional lokal dalam skala usaha operasi di situs tambang dan usaha.

Terdata, perusahan pengadaan barang dan jasa ada 28 perusahaan di Pangkep.
Perusahaan yang bergerak di bidang Konstruksi dan Sipil sebanyak 36 perusahaan, Koperasi sebanyak 127 perusahaan, dan perusahaan dengan kualifikasi skala terdaftar K1 sampai B2 sebanyak 14 perusahaa dengan berbagai pengalaman dibidang masing-masing.

Masih tingginya jumlah pengangguran, dimana data statistik ada sekitar 24.200 pencari kerja produktif, dengan rincian tingkat sarjana S1 dan S2 sebanyak 36,12 persen, SMA sebanyak 54,8 persen dan SMP sebanyak 9,8 persen. Dan pemerintan kabupaten pun mengharapkan pengusaha lokal untuk merekrut tenaga pencari kerja dan menciptakan lapangan kerja.

Surat Kadin Pangkep itu pun ditembuskan kepada delapan pemangku kepentingan lokal, regional dan nasional. Diantaranya, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaimana, Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika, Bupati Pangkajene dan Kepulauan M Yusran Lologau, Ketua DPRD Pangkep Haris Gani, Ketua Kadin Sulawesi Selatan Zulkarnain Arief, jajaran Komisaris PT Semen Indonesia, Direktur PT Semen Tonasa Mufti Arimurti dan jajaran Komisaris PT Semen Tonasa.(*)

  • Bagikan