Andi Matjta Mendampingi Bupati Bone Melakukan Ziarah Makam Raja Bone di Pinrang.

  • Bagikan

PINRANG,PAREPOS.FAJAR.CO.ID--Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pinrang, Andi Matjta Moenta mendapat kehormatan mendampingi Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi melakukan ziarah ke makam Raja Bone Ke XXVIII, We Tenriawaru Pancaitana Besse Kajuara Matinroe Ri Majennang yang terletak di Lingkungan Majennang, Kelurahan Watang Suppa, Kecamatan Suppa.

Andi Matjta yang mewakili Bupati Pinrang mengucapkan selamat Hari Jadi Bone ke-693.

"Mewakili Bapak Bupati kami ucapkan selamat datang di Bumi Lasinrang. Serta selamat hari jadi Bone ke-693," kata Matja Moenta.

Ia mengatakan kunjungan Bupati Bone dan rombongan ke Pinrang adalah kunjungan persaudaraan di mana Kabupaten Pinrang dan Bone memiliki hubungan kekerabatan yang kuat dan telah lama yang dibuktikan dengan adanya makam Raja Bone Ke XXVIII di Suppa.

Sementara Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengungkapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Pemerintah Kabupaten Pinrang. Ia berharap jalinan silaturahmi ini terus terjaga.

Andi Fahsar mengatakan, Raja Bone ke 28, We Tenriawaru Pancaitana Besse Kajuara Matinroe Ri Majennang merupakan raja perempuan yang mendorong kesetaraan gender di Bone.

"Nama raja Bone ke 28 ini kami abaikan dengan dua nama rumah sakit di Bone. Yakni rumah sakit We Tenriawaru Pancaitana dan rumah sakit Besse Kajuara," pungkasnya

Saat melakukan ziarah ke makam Raja Bone Ke XXVIII di Suppa, Bupati Bone dan rombongan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pinrang, Andi Matjta Moenta.

Ziarah makam para raja merupakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Bone ke-693.

Prosesi ziarah makam Raja Bone Ke XXVIII di Kecamatan Suppa kental dengan adat Bugis yang ditandai dengan tabur Bunga dan dihadiri Datu Suppa dan Datu Sawitto.

Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid melalui Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pinrang.(*)

  • Bagikan