Empat Menteri Jokowi Maju Capres 2024, Ini Kata Mahmud MD

  • Bagikan

JAKARTA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Empat Menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, menyatakan kesiapannya menjadi Calon Presiden (Capres) 2024. Keempat menteri itu yakni, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Menteri BUMN Erick Thohir.

Terkait hal itu, Menteri Polhukam, Mahfud MD memastikan tidak ada larangan bagi para menteri yang memiliki niat menjadi Capres pada Tahun 2024. Keempatnya pun tidak harus mundur dari kabinet. “Tidak ada larangan bagi menteri untuk menyatakan mau nyapres. Mereka tak harus mundur dari jabatannya,” ujar Mahfud kepada wartawan, Jumat 15 April, kemarin.

Mahfud MD menuturkan, berdasarkan aturan hukum dan konstitusi hal itu diperbolehkan dan sah-sah saja. Asalkan para menteri tersebut tetap mengerjakan tugasnya dan bertanggung jawab. “Itu boleh saja menurut hukum dan konstitusi. Asal tetap melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Mahfud mengatakan, kabinet merupakan salah satu sumber rekrutmen pemimpin negara. Adapun sumber lainnya yakni partai politik, lembaga negara, dan organisasi masyarakat sipil (CSO). “Di mana-mana di dunia ini kabinet menjadi salah satu sumber rekrutmen kepemimpinan negara. Sumber rekrutmen lainnya adalah parpol, lembaga-lembaga negara, dan civil society organization,” tutupnya.(*)

  • Bagikan