Pemkab Barru Kembangkan Desa Perikanan Cerdas

  • Bagikan

BARRU.PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebagai Kabupaten yang memiliki wilayah laut dan daratan yang cukup luas. Maka sektor perikanan layak menjadi pengembangan utama daerah ini, sehingga Kabupaten Barru berpotensi mengembangkan desa perikanan cerdas.

Sehubungan dengan hal tersebut. Sekretaris Daerah (Sekda) Kab Barru Dr. Ir. Abustan M. Si mengatakan Smart Fisheries Village (Desa Perikanan Cerdas) merupakan konsep pengembangan desa perikanan dan satuan kerja yang berbasis pada penerapan bibit unggul, penerapan teknologi informasi, dan manajemen tepat guna.

Sekda Barru Abustan sudah melakukan penanda tanganan kerjasama Memorandum of Understanding antara Pemerintah Kabupaten Barru dengan Badan Riset, Penyuluhan dan pengembangan SDM ( Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Yogjakarta, Rabu (12/7/2023)

“Melalui kerjasama ini, diharapkan desa akan lebih maju, modern, dan berkelanjutan, untuk menjadi desa yang mandiri sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Diakui mantan Kepala Bappeda Barru ini, Walaupun konsep Desa Perikanan Cerdas ini Core Businessnya di sektor perikanan, akan tetapi kedepannya akan terjadi program dan kegiatan yang terintegrasi di dalamnya. Bisa jadi sektor lain seperti perikanan, pariwisata, pekerjaan umum dan lainnya juga berkontribusi.

Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV) merupakan salah satu kegiatan unggulan di BRSDM KP dalam rangka mendukung program-program prioritas kementerian Kelautan dan Perikanan untuk ekonomi biru. (Humas IKP)

  • Bagikan