Jelang Pembukaan, Pengunjung Festival UMKM Mulai Ramai

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Di penghujung tahun 2023, masyarakat Parepare dan daerah sekitarnya disuguhkan dengan event bertajuk Festival UMKM.

Jelang pembukaan atau Opening Ceremonial Festival UMKM di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Kamis malam, 28 Desember 2023, sekitar pukul 20.00 Wita, sejak sore dipadati pengunjung. Berbagai produksi olahan UMKM pun telah memenuhi tenant yang telah disiapkan pantia.

Berdasarkan breakdown rundown dari panitia, opening ceremonial akan dihibur oleh group band lokal, yakni Senada Band serta music perform 4Sekawan. Kegiatan ini juga nantinya dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan dan bantuan usaha. Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali akan membuka Festival UMKM yang dirancang untuk menggerakan ekonomi lokal.

Even akhir tahun ini, terselenggara atas kolaborasi Pemkot Parepare melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM berkolaborasi dengan BPC HIPMI Kota Parepare. Acara itu akan berlangsung selama empat hari, Kamis-Minggu, 28-31 Desember 2023. Pantauan PARE POS di lokasi kegiatan, tenat yang akan dimanfaatkan pelaku UMKM sudah berdiri, Rabu, 27 Desember 2023.

Ada beberapa Konsep yang dihadirkan dalam Festival UMKM 2023, diantaranya Expo UMKM, Music Performance, Creative Talk, Seminar Digital Marketing, Barista Competition, Zumba Party, Make Up Artist Competition, dan games menarik.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kota Parepare, Basuki Busrah menjelaskan Pemkota Parepare menghadirkan Festival UMKM agar bisa menjadi mulplier untuk mendongkrak ekonomi di Parepare.

"Kita hadirkan tenant-tenant agar bisa dirasakan oleh UMKM. Festival UMKM juga menggabungkan festival malam tahun baru. Kegiatan dimulai mulai 28 Desenber hingga 31 Desember 2023," jelasnya, baru-baru ini.

Penyelenggara Festival UMKM 2023 menargetkan akan menghadirkan sebanyak 60 tenant lokal Parepare.

"Kita hadirkan kurang lebih 60 tenant yang diusahakan oleh Disnaker dengan anggaran dari provinsi sebanyak 30 tenant. Ini gratis untuk pelaku UMKM yang layak kita bantu atau yang selama ini memiliki mitra dengan kami," ungkapnya.

Selebihnya, 30 tenant akan dikelola oleh HIPMI Parepare sebagai kolaborasi dalam penyelenggaraan Festival UMKM 2023.

"Ada juga tenant yang dikelola HIPMI parepare. Karena tenant dari Disnaker tidak cukup 30 yang sesuai anggaran yang disiapkan Disnaker provinsi," ucapnya. Selain itu Festival UMKM 2023 ini juga mengkombinasikan hiburan dan musik lokal. Basuki berharap semua yang terlibat nantinya bisa mendorong ekonomi lokal.

"Kita harap semua yang hadir bisa mendorong perkembangan ekonomi lokal. Tenant dari Parepare, MC dari Parepare, hiburan musik juga parepare. Jadi benar-benar bisa memberdayakan potensi lokal yang kita miliki," tegasnya.

"Konsep ini benar-benar dari kita. Kita yang menyelenggarakan dan berharap bisa peningkatan omzet bagi UMKM kita," tambah Basuki.

Dia menjelaskan, salah satu konsep yang dihadirkan yaitu Seminar Digital Marketing. Di sini, penyelenggara mengahdirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Khusus untuk seminar digital marketing akan dilaksanakan di Auditorium BJ Habibi Rujab Wali Kota Parepare, pada tanggal 29 Desember 2023.

"Seminar 400 lebih yang hadir. Praktisi, UMKM, dan yang minat dengan seminar digital marketing. Kita selama ini sudah melaksanakan seminar digital marketing selama 7 bach," katanya.

Selain itu, ada konsep Creative Talk yang menghadirkan pelaku UMKM yang sudah sukses, yaitu Aminda. Pengusaha sekaligus Brand Lokal Parepare.

"Dia akan berbagi kesuksesan bagaimana membangun bisnis dan brand. Jadi, ini untuk mereka yang ingin tahu dunia kreativitas seperti apa. Creative Talk berlangsung di panggung utama (Lapangan Andi Makkasau)," katanya.

Dia menambahkan, Festival UMKM 2023 dilaksanakan semata-mata untuk kepentingan masyarakat Kota Parepare atas dukungan PJ Wali Kota Parepare, Akbar Ali.

Sebelumnya juga Pengurus BPC HIPMI Parepare Andi Haswan Saddade menyambut baik kolaborasi dari Pemkot. Menurutnya, festival UMKM itu sangat ditunggu-tunggu masyarakat dan para pelaku usaha.

“Ini kesempatan bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan omzet sekaligus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi,” tandasnya. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan