Segera Petakan Tindakan : Berikut Profil Kasat Reskrim Polres Maros, Iptu Aditya Jebolan Akpol 2018 dan PTIK 2023

  • Bagikan
Kasat Reskrim Polres Maros, Iptu Aditya (Baret Merah, Kiri) berfoto bersama Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, Iptu Slamet Raharjo, dan Jajaran Sat Reskrim Polres Maros di Mako Polres Maros. (Teguh/Parepos.fajar.co.id)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Kepala Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Maros berganti dari Iptu Slamet Raharjo ke Iptu Aditya Pandu Drajat Sejati.

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Sulsel nomor Kep/134/III/ 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan Dilingkungan Polda Sulsel tertanggal 11 Maret 2024.

Serah terima jabatannya pun baru terlaksana 10 hari kedepan pada tanggal 21 Maret 2024 di Mako Polres Maros dan dipimpin langsung Kapolres Maros, AKBP. Awaludin Amin. Iptu Slamet Raharjo sendiri mendapatkan jabatan baru sebagai Kasat Reskrim Polres Tana Toraja.

Nama Aditya Pandu Drajat Sejati sendiri masih tergolong baru di lingkup Polda Sulsel, perwira polisi pangkat Inspektur Satu (Iptu) itu bertugas pertama kalinya di Polda Sulsel pada pertengahan Tahun 2023 sebagai Perwira Pertama (Pama).

Seiring berjalannya waktu, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2018 itu pada tanggal 29 Juli 2023 mendapatkan jabatan sebagai Panit Subdit III Ditreskrimsus Polda Sulsel.

Lalu tiga bulan kedepan pada 20 November 2023 mendapatkan promosi sebagai Kasat Reskrim Polres Wajo dan akhirnya mendapatkan rotasi ke Polres Maros. Iptu Aditya sendiri telah menyelesaikan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) pada tahun 2023 lalu.

Ia mengaku setelah proses peralihan jabatan telah terlaksana, dirinya akan langsung mulai kembali bekerja dan berbaur dengan anggota barunya.

"Langkah awal yang konkrit ya inventarisir data perkara. Seperti laporan informasi, laporan polisi, pengaduan, yang kemudian dipetakan cara bertindaknya nanti seperti apa, kita akan menyesuaikan," jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu 24 Maret 2024.

Iptu Aditya sendiri telah mengungkapan komitmennya berdasarkan arahan langsung Kapolres Maros, AKBP Awaludin Amin pada sertijab yang telah menjadi atensi.

"Sebagai pejabat baru Kasat Reskrim Polres Maros, komitmen saya sudah pasti memaksimalkan pengungkapan kasus, meminimalisir komplain masyarakat, meningkatkan penyelesaian perkara tunggakan dan tidak kalah penting mengamankan pilkada 2024 agar berjalan lancar dan kondusif," jelasnya.

Sebelum bertugas di Polda Sulsel, Iptu Aditya telah memulai karir awalnya sebagai Danton Dalmas 1 KIE Ditsabhara Polda Kepulauan Bangka Belitung, Polda Babel. Setelahnya, ia ditarik sebagai Pama Polres Belitung Timur, Polda Babel pada 28 November 2018.

Setelah hampir setengah tahun, ia akhirnya kembali mendapatkan jabatan sebagai Kanit Idik Satreskrim Polres Belitung Timur. Pada tahun berikutnya di 2020, ia mendapatkan jabatan sebagai Kaurbinopsnal Satlantas Polres Belitung Timur tepatnya pada 11 Februari.

Ia pun kembali ke Sat Reskrim Polres Belitung Timur pada satu bulan kemudian pada 18 Maret sebagai Kanit 2. Menjabat kurang dari dua tahun, ia lantas menjabat sebagai Kaur Bin Opsnal Sat Reskrim di Polres yang sama pada 9 November 2021.

Akhirnya dua bulan kedepan, ia meninggalkan Polres Belitung Timur dan ditarik sebagai Pama Biro SDM Polda Babel pada 7 Januari 2021. Kemudian enam bulan kedepan ia ditarik menjadi Pama di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri pada 15 Juli 2022 dan ke Polda Sulsel sebagai Pama pada 21 Juni 2023. (*)

  • Bagikan