Atasi Gejolak Harga Beras, Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Pangan Bulog di Maros

  • Bagikan
Presiden Jokowi melakukan pengecekan langsung ketersediaan cadangan beras pemerintah di Gudang Bulog yang berada di Kabupaten Maros, Kamis 22 Februari 2024. (Teguh/Parepos.fajar.co.id)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan langsung ketersediaan cadangan beras pemerintah di Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) yang berada di Kabupaten Maros, Kamis 22 Februari 2024.

Selain melakukan pengecekan beras, Jokowi juga menyalurkan bantuan pangan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai upaya mengatasi dampak dari situasi perberasan dunia yang saat ini tengah mengalami gejolak harga akibat gangguan iklim Elnino.

Presiden Jokowi menjelaskan jika kenaikan harga itu dipicu oleh bencana Elnino yang melanda di seluruh dunia. Hal ini lah menurut Jokowi berdampak pada kenaikan harga karena jumlah produksi menurun sementara kebutuhan konsumsi masyarakat cenderung tetap atau bahkan mengalami peningkatan.

"Bapak dan Ibu tau kan kenapa mendapatkan bantuan beras? karena saat ini harga beras di seluruh dunia sedang naik, kenaikan harga beras ini disebabkan perubahan iklim karena terjadi elnino. meskipun demikian negara kita memberikan bantuan pangan berupa Beras sebanyak 10 kg perbulan kepada jutaan penerima manfaat (KPM)," ungkap Jokowi.

Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi yang turut hadir dalam rangkaian acara Presiden tersebut menambahkan bahwa salah satu tujuan dari program Bantuan Pangan Beras ini adalah untuk mencukupi kebutuhan beras bagi keluarga penerima manfaat.

"Jadi mereka yang mendapatkan bantuan itu tidak perlu lagi pergi ke pasar, mereka punya beras. Kemudian bagi keluarga yang tidak dapat pembagian bisa membeli beras SPHP yang juga sudah semakin tersedia di mana-mana", ujar Bayu

Sementara itu Ibu Jamilah (70 tahun) yang telah menjanda sepuluh tahun dan memiliki 3 anak perempuan tidak bisa membendung kegembiraannya dengan diberikannya bantuan pangan beras ini.

"Kami sangat membutuhkan sekali bantuan seperti ini karena sangat membantu buat orang susah seperti kami, terimakasih pemerintah semoga bantuan ini rutin diberikan" ujarnya. (*)

  • Bagikan