PSM Makassar Tekuk Persikabo 3-1, Adilson Silva Nyaris Hatrick

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- PSM Makassar sukses meraih poin penuh kala menjamu Persikabo 1974 pada pekan ke 20 Liga 1, di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 23 November 2023, malam.

Tuan rumah PSM berhasil menekuk Persikabo dengan skor telak 3-1.

Tuan rumah tampil gemilang di hadapan 2.839 pendukungnya. PSM berhasil unggul dari Persikabo di awal-awal babak pertama.

Striker asal Portugal Adilson Silva berhasil membuka kran gol pasukan Juku Eja pada menit ke 24 usai memanfaatkan umpan dari Dzaky Asraf.

Sepakan kaki kanannya membuat bola meluncur deras ke sudut sisi kanan gawang Persikabo yang dikawal Imam Arief. Skor 1-0 keunggulan bagi PSM.

Anak-anak asuh Bernardo Tavares kian bersemangat untuk menambah keunggulan. Serangan demi serangan terus dilakukan.

Alhasil, pada menit 29 atau 5 menit kemudian, PSM Berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Gol dicetak oleh sang predator, Victor Mansaray.

Tendangan voli akrobatiknya di depan gawang Persikabo tak mampu dibendung oleh Imam Arief. Striker asal Amerika Serikat itu memanfaatkan Daffa Salman. 

Ini menjadi gol ketiga Mansaray bersama skuad Juku Eja dalam 3 pertandingan berturut-turut di Liga 1.

Keunggulan 2-0 bagi PSM Makassar bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Persikabo mencoba mencuri gol. Beberapa serangan dilakukan anak-anak asuh Aji Santoso. Namun masih gagal berbuah gol.

Alih-alih memperkecil kedudukan, tuan rumah PSM malah memperlebar jarak menjadi 3-0. Adilson Silva mencetak brace pada menit ke 61. Adilson memanfaatkan kesalahan umpan dari pemain Persikabo.

Pemain berusia 26 tahun itu tak menunggu lama. Ia langsung melepaskan tendangan keras ke gawang Persikabo yang dijaga Imam Arief.

Persikabo sempat membuat peluang bagus. Namun, sayangnya penampilan apik Ardiansyah mampu menepis bola hasil sundulan pemain Persikabo di dalam kotak penalti.

Menit 74 tim tamu sempat memperkecil kedudukan menjadi 3-1. Pedro berhasil mencetak gol heading usai memanfaatkan umpan crossing dari.

Bernardo Tavares mencoba memainkan Ze Paulo yang baru berlabuh di skuad Juku Eja. Ze Paulo masuk menggantikan Kenzo Nambu menit 74.

Baru 6 menit bermain, pemain asal Brazil itu nyaris mencetak gol di debutnya. Sayangnya sepakan kaki kanannya masih mampu ditepis penjaga gawang Persikabo yang dikawal Zaenuri Azhar yang sebelumnya menggantikan Imam Arief yang cedera.

Persikabo kembali mencoba mencetak gol tambahan. Menit ke 83, tendangan bebas Keven Aleman masih melebar dari mistar gawang PSM yang dijaga Ardiansyah.

Bernardo Tavares kembali memainkan pemain yang juga menjalani debut di Liga 1. Pemain asal Timor Leste, Joao Pedro menggantikan Victor Mansaray pada menit 88 atau di sisa menit pertandingan.

Baru semenit bermain, Joao Pedro langsung membahayakan barisan pertahanan Persikabo. Berlari kencang dari sisi kanan, Joao Pedro tinggal berhadapan dengan penjaga gawang.

Joao yang melihat Adilson bebas dari jebakan offside, mencoba memberi umpan untuk mencetak hattrick. Namun, Adilson tak mampu memanfaatkan peluang emas tersebut. Pergerakan Adilson mampu diredam cepat oleh pemain belakang Persikabo.

Di sisa menit pertandingan tuan rumah terus menggempur pertahanan Laskar Padjadjaran. Namun hingga peluit panjang dibunyikan wasit Aidil Azmi, skor 3-1 kemenangan PSM Makassar atas Persikabo 1973 bertahan.

Hasil ini membuat PSM Makassar naik ke peringkat 10 klasemen sementara dengan jumlah poin 26 dari 20 pertandingan. Sementara, Persikabo masih tertahan di posisi 17 klasemen dengan raihan 14 poin. (Nan)

  • Bagikan