Awal 2024, SMPN 9 Parepare Mulai Terapkan Lima Hari Sekolah

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Mulai awal 2024, atau tepatnya 2 Januari 2024, UPTD SMPN 9 Kota Parepare akan menerapkan lima hari sekolah. Lima hari sekolah ini diterapkan oleh seluruh SMP sederajat di Parepare pada 2024.

Kepala SMPN 9 Parepare, H Hasdir Subroto mengatakan, penerapan lima hari sekolah ini sudah dirapatkan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare dan seluruh SMP sederajat se-Parepare.

"Kami juga sudah rapatkan bersama para guru dan warga sekolah terkait jam sekolah dan jam kerja lima hari sekolah itu sekaligus dirangkai dengan rapat kerja tahun 2024, baru-baru ini," kata Hasdir.

Hasdir mengemukakan, penerapan lima hari sekolah ini juga disosialisasikan kepada para orang tua siswa atau peserta didik.

Lima hari sekolah dimaksud adalah siswa masuk sekolah selama lima hari, Senin sampai dengan Jumat, mulai pukul 07.15 hingga pukul 15.15 Wita. Sabtu libur.

Diawali pukul 07.15 dengan kegiatan tertentu seperti literasi. Kemudian proses pembelajaran efektif mulai pukul 08.00. Pukul 12.00 istirahat selama satu jam atau hingga pukul 13.00. Siswa pulang sekolah pukul 15.15. Sepulang sekolah siswa masih punya kesempatan untuk mengaji Al-Qur'an bagi yang mengaji sore atau kegiatan lainnya. "Tapi guru tetap tinggal di sekolah sesuai jam kerja, menyelesaikan pekerjaan administrasi hingga pukul 16.00," ungkap Hasdir.

Karena siswa tinggal di sekolah selama delapan jam, Hasdir berpesan kepada orang tua siswa untuk membekali anaknya kuliner. Kantin sekolah juga siap, dengan makanan dan minuman yang dijamin kesehatannya.

"Menjadi perhatian kami adalah siswa berlatar belakang keluarga tidak mampu. Mereka yang tidak mampu ini akan kami fasilitasi makanan dan minuman atau bantuan lain yang mereka butuhkan. Intinya siswa dalam kondisi apapun harus bersekolah. Tidak ada alasan tidak sekolah apalagi hanya kendala ekonomi," tandas Hasdir.(ros)

  • Bagikan